Guru oh guru

November 21, 2007 at 11:07 am Leave a comment

Sedih sekali kalau melihat nasib guru di negeri ini. Bagaimana pendidikan bisa maju jika penghargaan kepada seorang guru begitu rendahnya di negeri ini. Mungkin pemerintah terlalu menghayati istilah guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa. Jadi penghargaan yang diberikan pun sangat-sangat minim.

Bayangkan saja berapa penghasilan guru saat ini, sebagai contoh saya punya kenalan seorang guru, dia bekerja dari hari senin-sabtu dari jam 08.00-15.00, berapa penghasilan sebulan yang diperoleh?? Kurang dari IDR 1 juta.  

Jika dihitung secara kasar dari jam kerjanya sebulan kira kira bekerja selama 156 jam per bulan maka penghasilan yang diperoleh adalah IDR 6.500 per jam atau IDR 39.000 perhari. Mungkin penghasilannya  ngak jauh dengan penghasilan tukang parkir, yang sekali memarkirkan mobil mendapat IDR 1.000.

Memang sih kalo dibandingkan dengan UMR yang masih sekitar IDR 800.000 gaji  yang diperoleh itu sudah diatas UMR, sehingga guru sudah lebih beruntung dibandingkan buruh pabrik, yang masih banyak mendapatkan gaji dibawah UMR. Namun apakah pantas seorang guru, yang notabene seharusnya menjadi seorang pendidik atau bahakan menjadi orang tua kedua bagi generasi muda bagsa ini mendapatkan penghasilan sebesar itu?? Jawabannya jelas sangat TIDAK LAYAK.

Silahkan baca artikel dengan data yang lebih akurat di PR dan di sini.

Entry filed under: Ocehan. Tags: .

Pengaruh mempengaruhi Punten, Persib eleh deui ….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed



%d bloggers like this: