Air

May 2, 2008 at 5:43 pm 1 comment

Air merupakan salah satu bahan baku yang paling banyak digunakan dalam proses produksi sediaan farmasi. Penggunaan air terbesar di gunakan dalam proses pencucian dan rinsing peralatan produksi. Walaupun demikian air juga bisa menjadi komponen utama dari suatu sediaan. Komposisi air dalam suatu sediaan farmasi bisa bervariasi dari 0 % sampai dengan 90 %.

Air yang digunakan dalam industri Farmasi dikelompokan menjadi beberapa golongan sesuai dengan kualitas iar tersebut. Secara umum air dapat digolongkan menjadi dua kelompok yaitu compendial water (contoh Purified water dan Water for Injection/WFI) dan non compendial water. Sebagian besar sediaan farmasi di produksi menggunakan Purified Water dan atau Water for Injection.

Purified Water dan atau Water for Injection mempunyai persyararatan kimia yang sama namun WFI mempunyai persyaratan mikrobiologi yang lebih ketat. Persyaratan kimia yang harus diukur untuk kedua kelompok air berdasarkan USP 28 antara lain TOC dan Conductivity. Limit pengukuran TOC yang umum digunakan adalah 500 part per billion, Sedangkan untuk conductivity berada pada rentang 0.6 μS/cm pada 0 ºC sampai dengan 3.1 μS/cm pada 100 ºC (1.3 μS/cm pada 25 ºC dan 2.7 μS/cm pada 80 ºC). Sedangkan persyaratan mikrobiologi untuk PW adalah 100 cfu/ml, sedangkan untuk WFI 10 cfu/100 ml dan batas cemaran endotoxin 0.25 EU/ml.

Entry filed under: Farmasi. Tags: .

Satu tahun CD Audio : Eric Clapton

1 Comment Add your own

  • 1. chikita  |  March 31, 2009 at 6:35 pm

    tmks… info ini membantu sy ngerkjain tugas mikrobiologi farmasi…

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed



%d bloggers like this: