Kalau anda membeli obat di apotek

June 29, 2008 at 10:41 am Leave a comment

Apa yang biasa anda tanyakan ketika anda datang ke apotek untuk membeli obat yang di resepkan untuk anda? apakah hanya tentang harga obat nya saja? atau ada hal lain yang biasa anda tanyakan? Kalau anda tidak punya ide tentnag apa saja yang harus ditanyakan oleh pasien ketika membeli obat, berikut daftar pertanyaan yang mungkin akan membantu untuk meningkatkan keberhasilan pengobatan anda:

  1. Apa nama obat yang diberikan dan tujuan penggunaan obat tersebut? Misal: Antasid, tujuannya untuk mengurangi iritasi lambung. Cara kerja obatnya dengan melindungi dinding lambung dari kelebihan asam yang dikeluarkan oleh kelenjar di lambung.
  2. Kapan obat tersebut harus dikonsumsi? Misal: Obat dikonsumsi sehari dua kali satu tablet sebelum makan, atau obat dikonsumsi jika pasien merasakan sakit.
  3. Sampai berapa lama obat harus dikonsumsi? Misal: untuk obat penahan rasa sakit, obat di konsumsi sampai rasa sakitnya hilang.
  4. Apakah obat tersebut dapat menyebabkan alergi?
  5. Apakah ada makanan atau hal lain yang harus dihindari ketika mengkonsumsi obat tersebut?
  6. Apakah ada efek samping yang mungkin timbul akibat konsumsi obat tersebut?
  7. Apakah ada versi generik dari obat yang diresepkan?
  8. Apa yang harus dilakukan jika lupa tidak mengkonsumsi obat?
  9. Apakah ibu hamil atau yang sedang menyusui aman mengkonsumsi obat tersebut?
  10. Bagaimana cara menyimpan obat tersebut, dan apa yang harus dilakukan jika akan membuang sisa obat yang sudah tidak terpakai?

Salah satu fungsi dari seorang Farmasis adalah memberikan informasi yang berkaitan dengan pengobatan yang sedang dijalani pasien. Informasi mengenai pengobatan ini sangat penting, karena dengan pemahaman pasien yang benar mengenai kondisi pengobatannya maka tingkat keberhasilan dari suatu pengobatan akan semakin besar.

Namun seperti yang kita ketahui bersama praktek layanan kefarmasian di negara kita ini masih dalam taraf perkembangan. Masih banyak Apotek atau tempat praktek kefarmasian yang lain yang belum memberikan layanan informasi obat kepada pasien dengan baik.

Salah satu cara untuk mempercepat perkembangan layanan kefarmasian tersebut adalah mendidik pasien untuk lebih kritis terhadap hak-hak pasien. Ingat anda berhak untuk mendapatkan informasi yang benar mengenai pengobatan yang sedang anda jalani, dan pilihlah tempat yang dapat memberikan layanan terbaik untuk anda.

Semoga bermanfaat.

Note: tulisan juga di posting di http://farmasis.blogspot.com/

Entry filed under: Farmasi, Tips. Tags: , .

List buku yang sedang dibaca Penyakit asam urat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed



%d bloggers like this: