Penyakit asam urat

June 29, 2008 at 11:43 am Leave a comment

Hyperuricemia a.k.a biasa dikenal dengan penyakit asam urat seperti namanya merupakan penyakit yang disebabkan kelebihan asam urat. Asam urat di dalam tubuh dihasilkan dari metabolisme purin, dimana enzim Xanthin Oxidase merubah Xanthin atau Hypoxanthin menjadi asam urat.

Salah satu penyebab yang dapat meningkatkan konsentrasi asam urat dalam darah adalah konsumsi makanan dengan purin tinggi. Selain itu konsumsi makanan dengan kadar fruktosa tinggi, seperti high fructose corn syrup yang biasa terdapat dalam minuman kaleng, juga dapat menyebabkan peningkatan konsentrasi asam urat dalam darah. Selain itu penurunan kemampuan ginjal untuk mengeluarkan asam urat juga merupakan salah satu penyebab hiperuricemia.

Konsentrasi asam urat dalam darah yang tinggi dapat meningkatkan resiko penimbunan kristal asam urat di persendian yang biasa disebut dengan gout. Gout ini ditandai dengan pembengkakan pada persendian dan rasa sakit yang luar biasa.

Pengobatan pada penderita serangan asam urat mempunyai dua tujuan utama yaitu mengurangi rasa sakit yang ditimbulkan dan menurunkan konsentrasi asam urat dalam darah untuk mengurangi resiko penimbunan asam urat di persendian serta mencegah kerusakan lebih lanjut seperti luka di persendian dan gagal ginjal.

Obat yang biasa digunakan dengan tujuan menghilangkan rasa sakit yang biasa digunakan antara lain obat golongan NSAID seperti Indomethacin dan Diclofenac, sedangkan Aspirin disarankan untuk tidak digunakan karena dapat mengurangi pengeluaran asam urat di ginjal. Selain itu alternatif lain sebagai terapi second line dapat digunakan Cholcicine.

Apabila rasa sakit sudah tertangani maka Allopurinol atau Probenecid dapat diberikan untuk menurunkan kadar asam urat dalam darah. Allopurinol dan Probenecid tidak boleh diberikan pada penderita serangan gout akut karena akan memperlama serangan gout.

Kadar asam urat dalam darah dapat dikontrol melalui pengaturan pola makan. Apabila anda sudah pernah terserang penyakit ini sebaiknya anda menghindari makan dengan purin tinggi, dan mengatur jumlah asupan makan dengan purin sedang. Beberapa contoh makanan dengan kadar purin tinggi adalah jeroan; hati; ekstrak daging; ikan herring; ikan sardines sedangkan contoh makanan dengan kadar purin menengah anatara lain daging sapi, daging ayam, ikan dan makanan laut; asparagus; cauliflower (kol); bayam; kacang polong; jamur; dan oat meal. Selain hal tersebut diatas pengurangan berat badan dan konsumsi alkohol dapat membantu menghindari serangan akut.

Semoga bermanfaat

Sumber :

Gout: Pharmacological management, Journal of Hospital Pharmacy.

Entry filed under: Farmasi, Tips. Tags: , .

Kalau anda membeli obat di apotek The Godfather Theme Songs

Leave a comment

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed